cover
Contact Name
-
Contact Email
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 25031260     EISSN : 25804154     DOI : -
Core Subject : Education,
This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 39, No 2 (2022): October 2022" : 5 Documents clear
Analisis Penggunaan Sistem Informasi Penelitian Pengabdian Masyarakat dalam Menunjang Kearsipan Dinamis dengan Menggunakan Metode Pieces Framework
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i2.39953

Abstract

Arsip di era 4.0 sekarang ini harus dapat berevolusi semakin mudah dan lincah untuk menciptakan Suasana nyaman dan sustainable terhadap kebutuhan pencipta dan manajemen. Lembaga Penelitian kepada Masyarakat UNNES melalui core bisnis bidang penelitian tiap tahun mengelola penelitian yang didandani oleh dana Kementerian dan PNBP Universitas. Tahun 2021 LPPM mengelola penelitian Kementerian sebanyak 30 Judul dan pendanaan PNBP UNNES sebanyak 400 Judul, demikian juga untuk tahun tahun sebelumnya rata-rata pengelolaannya antara 500 Judul. Prosedur pengelolaan penelitian meliputi pengumuman Proposal, Review Proposal, Evaluasi proposal, Persetujuan Proposal, Laporan 70 % dan laporan 100%. Dokumen tersebut di upload dalam aplikasi sipp.unnes.ac.id. Aplikasi tersebut digunakan oleh seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan UNNES. Pengguna sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat unnes penuh dengan syarat penciptaan arsip yang perlu dimanajemen atas terciptanya. Data- data penelitian dan bukti penelitian dan luaran dijadikan dasar untuk peningkatan angka kredit dan peningkatan jurnal peneliti. Penggunaan aplikasi tentu penuh dengan sentuhan kebutuhan pengguna yang memerlukan kemudahan, keandalan dan kemanfaatan. Untuk menilai seberapa manfaat sistem informasi sipp terhadap kebutuhan arsip di lingkungan Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perlu diuji menggunakan framework pieces. Framwork ini akan menganalisa terkait P (Performance), I (Information), E (Economics), C (Control), E (Efficiency) dan S (Service).
Implementasi RFID (Radio Frequency Identification) pada Sistem Data Bibliografi di UPT Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i2.40298

Abstract

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Rumah  Universitas Negeri Semarang yang telah bermigrasi di gedung baru Rumah Ilmu. Pelaksanaan kerja di Perpustakaan meliputi kegiatannya  diantaranya Tagging, Shelving, dan Stock Opname pada koleksi bahan pustaka. Kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan serangkaian kegiatan rutin perpustakaan dalam rangka pengembangan koleksi bahan Pustaka. UPT Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang mulai menerapkan teknologi RFID yang mana teknologi tersebut membutuhkan sistem informasi atau database guna menyimpan bibliografi bahan pustaka yang ada. Pada layanan perpustakaan, sarana bibliografi merupakan sebuah penghubung antara pemustaka dan pustakawan dalam menemukan koleksi secara cepat dan tepat. Dalam rencana penelitian ini mencoba untuk menganalisis penggunaan RFID dengan beberapa aspek yang digunakan di Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang Tujuan penelitian ini adalah melihat dampak penggunaan RFID terhadap layanan perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang. Dampak pemanfaatan ini akan diukur melalui kuesioner terhadap pengguna peralatan baik kepada mahasiswa ataupun anggota perpustakaan lainnya. Namun akan lebih spesifik pada operator perpustakaan yang menggunakan tagging pada Pustaka terhadap buku yang digunakan di perpustakaan rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang. Metode Penelitian yang digunakan merupakan metode studi literasi, penyusunan instrumen, pengumpulan data dan evaluasi hasil instrumen yang dihasilkan.
Layanan Peminjaman dan Pengembalian Otomatis Berbasis Self Service di UPT Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i2.40300

Abstract

UPT Perpustakaan Universitas Negeri Semarang telah lama menggunakan tattle tape strips merupakan teknologi berbasis magnetik yang ditanamkan dalam buku referensi. Penggunaan ini digunakan sebagai pengaman buku agar dapat termonitor keberadaannya. Penggunaan tattle tape strips ini saat peminjam melakukan register diperlukan operator yang mencatat dan menetralkan magnetik sehingga dapat dibawa bebas keluar perpustakaan. Sejak dilanda pandemi hal ini merupakan kendala tersendiri dikarenakan pengunjung dan peminjam buka akan berinteraksi langsung pada saat pinjam dan mengembalikan buku. Sejak awal tahun 2022 telah diresmikan mesin anjungan mandiri layanan sirkulasi perpustakaan yang menggunakan peralatan self check berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Teknologi RFID ini sebetulnya sudah sejak lama telah digunakan oleh berbagai perpustakaan yang ada di Indonesia. Pemanfaatan RFID tentunya juga bergantung pada peralatan penunjang yang membaca dan menetralkan buku saat akan dipinjam oleh anggota. Penggunaan RFID di Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang yang diterapkan pada peralatan self cek yang telah digunakan. Pada penelitian ini penggunaan peralatan self cek digunakan oleh anggota perpustakaan yang terdaftar di UPT Perpustakaan yang meliputi Mahasiswa, Dosen dan anggota luar Universitas Negeri Semarang yang terdaftar. Pemanfaatan peralatan self cek ini dalam penggunaannya telah dilakukan sosialisasi pada anggota, namun dalam pelaksanaan tentu akan ada hambatan dan masalah peralatan yang akan terjadi. Dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji berdasarkan literasi teori yang ada, mengobservasi pelayanan self cek dan melakukan analisa terhadap layanan. Tujuan penelitian ini adalah melihat dampak penggunaan peralatan self check terhadap layanan perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang. Dampak pemanfaatan ini akan diukur melalui kuesioner terhadap pengguna peralatan baik kepada mahasiswa ataupun anggota perpustakaan lainnya.
Development of PBL (Problem Based Learning) Model-Based Learning Video on Problem Solving Ability and Motivation in Students.
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i2.38388

Abstract

Qualitative analysis is used to determine the ideal integrated service benchmarks during Covid-19 pandemic and how to improve the service. The final part is a SWOT analysis to find the right strategy to improve the integrated service by Customer Service (CS). The study was conducted on 375 respondents consisting of students and employees of Universitas Negeri Semarang who intensively communicated in two directions, namely via email and live chat. The results show that as many as 99% stated that they were satisfied with the integrated service before the face-to-face service was stopped during the covid-19 pandemic. After the COVID-19 pandemic, the satisfaction index decreased by 51% to 48% which was influenced by the emotions of customers from various ages so that the ideal service benchmarks during the pandemic is the use of a simple language easily understood by various generations and a concise and fast Standard Operating System (SOP). The SWOT strategy to improve services given by CS is to diversify the work system by utilizing strengths to overcome threats.
Penggunaan Primary Literature dengan Topik Psikotropika untuk Meningkatkan Pemahaman Hakikat Sains Siswa SMA
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i2.38276

Abstract

Indonesian education focuses more on content at the present time, while learning the true nature of science is not explicitly carried out, whereas the very learning of scienc is proving better if it’s explicitly done. Understnding the NOS is importent to scale up because it’s one of the components of the science literacy that is so necessary in the present era. This study aims to determine how an increased understanding of the nature of science and concept of students on psychotropic materials with learning analyzing the scientific articles about psychotropic. The topic of psychotropic is chosen because it's very contextual for adolescents, who are involved in the case of psychotropic abuse. This research uses the One Group Pre-test post-test design. The participants involved were 58 students of class XI MIPA from one high school in Bandung City. The instrument used in this study is instrument of NOS, concept and questionnaire of student responses. Instruments of understanding of the NOS and understanding the concept is given as pre-test and post-test. Based on the findings obtained at the pre-test, NOS understanding of students' is 22,09 with less category while the concepts understanding of the student get 10,61 scores with very lows categories. Based on the results of post-test, NOS understanding of students' obtained score 50,97 in a medium category and concept understanding of 40,79 in a medium category. NOS understanding of students' obtained a n-gain value of 0.37 which indicates an increase in the understanding with medium category. Understanding the concept of students obtained a n-gain value of 0.33 which also includes medium category. The findings obtained are also in accordance with the states positive and negative responses of the response questionnaire.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 40, No 2 (2023): October 2023 Vol 40, No 1 (2023): April 2023 Vol 39, No 2 (2022): October 2022 Vol 39, No 1 (2022): April 2022 Vol 38, No 2 (2021): October 2021 Vol 38, No 2 (2021): Oktober 2021 Vol 38, No 1 (2021): April 2021 Vol 37, No 2 (2020): October 2020 Vol 37, No 1 (2020): April 2020 Vol 36, No 2 (2019): Oktober 2019 Vol 36, No 2 (2019): October 2019 Vol 36, No 1 (2019): April 2019 Vol 35, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 35, No 2 (2018): October 2018 Vol 35, No 1 (2018): April 2018 Vol 34, No 2 (2017): October 2017 Vol 34, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 34, No 1 (2017): April 2017 Vol 33, No 2 (2016): October 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 32, No 2 (2015): October 2015 Vol 32, No 1 (2015): April 2015 Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 31, No 2 (2014): October 2014 Vol 31, No 1 (2014): April 2014 Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 30, No 2 (2013): October 2013 Vol 30, No 1 (2013): April 2013 Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 29, No 2 (2012): October 2012 Vol 29, No 1 (2012): April 2012 Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 28, No 2 (2011): October 2011 Vol 28, No 1 (2011): April 2011 Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 27, No 2 (2010): October 2010 Vol 27, No 1 (2010): April 2011 Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 1 (2010) Vol 27, No 1 (2010) More Issue